Home / Kabar / Afrika / Militer Sebut Omar al-Bashir Telah Mundur dari Jabatan Presiden

Militer Sebut Omar al-Bashir Telah Mundur dari Jabatan Presiden

Presiden Omar al-Bashir. (Foto CNN)

thayyiba.com :: Militer Sudan mengklaim bahwa Presiden Omar al-Bashir telah mengundurkan diri pada Kamis, setelah protes terus-menerus menuntut pengunduran dirinya, lansir media lokal.

Bashir saat ini berada dalam tahanan rumah dan para pengawalnya telah ditahan.

Sementara itu, dilansir dari kantor berita Anadolu, Jumat (12/04/2019), intelijen militer Sudan menangkap lebih dari 100 anggota eksekutif Partai Kongres Nasional yang berkuasa.

Mereka yang ditangkap di antaranya mantan menteri pertahanan Abdel Rahim Mohammed Hussein, mantan wakil presiden Ali Osman Taha dan ketua partai yang berkuasa Ahmed Haroun.

Pasukan Sudan juga dikerahkan di sekitar stasiun televisi milik pemerintah dan beberapa tentara memasuki gedung itu, yang berlokasi di Omdurman, kota terbesar kedua di negara tersebut.

Penerbangan di Bandara Internasional Khartoum Sudan juga dihentikan, sementara hanya pendaratan yang diizinkan.

Sebelumnya, TV pemerintah Sudan mengumumkan bahwa tentara akan segera membuat pengumuman penting.

Ratusan demonstran Sudan pada Rabu mengadakan aksi protes hari kelima di luar markas tentara di Khartoum menuntut Presiden Omar al-Bashir untuk mundur.

Sejak Sabtu, sedikitnya 22 orang tewas dalam bentrokan antara demonstran dan pasukan keamanan, yang telah berulang kali mencoba membubarkan aksi protes dengan kekerasan, menurut Komite Pusat Dokter Sudan.

Namun, polisi mengklaim bahwa hanya satu pengunjuk rasa yang terbunuh.

Sudan telah diguncang gelombang protes selama dua bulan terakhir, di mana demonstran mengecam Presiden Omar al-Bashir yang gagal menangani krisis ekonomi di negara itu. (thayyiba.com)

About Azah

Check Also

Raja Maroko Beri Dana Hibah Perbaikan Masjidil Aqsha

Raja Maroko Mohammed VI memberikan hibah untuk memperbaiki bagian dari Masjid Al Aqsa yang terbakar awal pekan ini.