Home / Artikel / Wanita / Puasanya Ibu Hamil dan Menyusui

Puasanya Ibu Hamil dan Menyusui

hamil

thayyiba.com :: Wanita hamil dan menyusui apakah wajib qadha puasa atau cukup bayar fidyah ? Terjadi perselisihan para ulama dalam masalah ini.

Berikut fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin. Dari fatwa ini akan nampak bahwa inilah pendapat pertengahan dalam perselisihan yang ada.

Beliau berkata, “Allah telah mewajibkan bagi orang yang memiliki udzur tidak berpuasa untuk mengqodho’nya ketika udzurnya tersebut hilang. Allah ‘azza wa jalla berfirman, “…Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya mengqodho’ puasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain…” (QS. Al Baqarah: 185)

Dalam ayat ini, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa siapa saja yang tidak berpuasa karena ada udzur maka hendaklah ia mengqodho’ puasanya di hari yang lain. Wanita hamil, wanita menyusui, wanita nifas, wanita haidh, kesemuanya meninggalkan puasa Ramadhan karena ada udzur. Jika keadaan mereka seperti ini, maka wajib bagi mereka mengqodho’ puasa karena diqiyaskan dengan orang sakit dan musafir

Adapun riwayat dari sebagian ulama salaf yang memerintahkan wanita hamil dan menyusui (jika tidak puasa) cukup fidyah dan tidak perlu mengqodho’, maka yang dimaksudkan di sini adalah untuk mereka yang tidak mampu berpuasa selamanya. Dan bagi orang yang tidak dapat berpuasa selamanya seperti pada orang yang sudah tua dan orang yang sakit di mana sakitnya tidak diharapkan sembuhnya, maka wajib baginya menunaikan fidyah.

Pendapat ini adalah pendapat Ibnu ‘Abbas.” (Majmu’ Fatawa wa Rosail Ibni ‘Utsaimin, 17/121-122, Asy Syamilah)

Fatwa ini menjelaskan bahwa asalnya kewajiban wanita hamil dan menyusui ketika mereka tidak berpuasa adalah mengqodho’ puasa di hari lainnya (di saat mereka kuat untuk berpuasa). Namun jika keadaan mereka tidak mampu lagi menunaikan qodho’ puasa, maka diganti fidyah sebagaimana halnya orang yang sudah di usia senja dan tidak mampu lagi berpuasa.

Sumber artikel: rumaysho.com (apakah wanita hamil dan menyusui cukup fidyah tanpa qodho).

 

About A Halia

A Halia

Check Also

Lebih Cantik Istri atau Bidadari Surga?

ilustrasi (Straight) thayyiba.com :: Lebih cantik istri atau bidadari? Siapa yang lebih cantik, istri dari kalangan ...