Home / Kabar / Nasional / Kemenag Terjunkan Pemantau Hilal di Seluruh Provinsi

Kemenag Terjunkan Pemantau Hilal di Seluruh Provinsi

 

(Ilustrasi) Tim rukyatul hilal melakukan pemantauan rukyatul hilal di di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/6).

(Ilustrasi) Tim rukyatul hilal melakukan pemantauan rukyatul hilal di di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/6).

thayyiba.com :: Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang penentuan (isbat) awal Ramadhan 1440 Hijriah pada Ahad, 5 Mei mendatang, di Kantor Pusat Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Hal itu disampaikan Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Muhammadiyah Amin.

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Syaban 1440 H,” kata Muhammadiyah Amin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/4).

Proses sidang Isbat akan dimulai pada sore hari, sekira pukul 16.00 WIB. Agendanya antara lain menyimak pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal jelang awal Ramadan. Sementara itu, sidang isbat dijadwalkan berlangsung setelah shalat maghrib pada hari yang sama. Dalam acara ini, laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan akan disampaikan.

“Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan 1440 Hijriah akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat, kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadhan 1440 Hijriah,” ujar dia.

Sidang Isbat akan dihadiri sejumlah undangan. Mereka dari beragam kalangan. Di antaranya, para duta besar negara-negara sahabat, pihak Komisi VIII DPR-RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan BMKG. Selanjutnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Planetarium. Tak ketinggalan, para pakar falak dari pelbagai organisasi Islam.

Amin menuturkan, sidang Isbat merupakan wujud kebersamaan antara Kemenag, ormas Islam, dan segenap instansi terkait. Dengan itu, harapannya hasil sidang dapat mengakomodasi tujuan bersama.

Sumber: republika

About A Halia

A Halia

Check Also

Buka Puasa di Masjid Istiqlal Jadi Wisata Religi

thayyiba.com :: JAKARTA — Ribuan jamaah memadati selasar utama Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (8/5) petang. Mereka ...