Home / Fashion / Life & Love / 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Hari Pertama Kerja

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Hari Pertama Kerja

Ilustrasi suasana kerja (Foto: Pexels/ Start Up Stock Photos)

 

thayyiba.com :: Bagi sebagian orang, hari pertama masuk kerja mungkin jadi sesuatu yang menegangkan. Apalagi bagi mereka yang tergolong sebagai lulusan baru (fresh graduate). Keharusan menjalankan tanggung jawab di tempat yang baru tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir saat memikirkan cara untuk membuat hari pertama di kantor berjalan sesuai ekspektasi. Cukup dengan menjalankan beberapa tips yang disarankan para ahli berikut ini, hari pertama di kantor kemungkinan bisa berlangsung lancar.

Apa saja tips tersebut? Berikut ini kumparan merangkum lima di antaranya dari laman Business Insider.

1. Datang lebih awal

Salah satu hal terpenting adalah tidak terlambat masuk. Berangkatlah setidaknya 15 menit lebih awal untuk mengetahui dan menyesuaikan kondisi terlebih dahulu.

“Jika kamu belum pernah berpergian sebelumnya, latihlah beberapa kali saat jam sibuk sepekan sebelum masuk kerja. Jadi setidaknya kamu sudah siap untuk hal-hal yang tidak diketahui,” tutur Teri Hockett selaku CEO dari situs konsultan karier, What’s For Work?.

2. Perbanyak senyum

Perasaan stres dan tegang mungkin sulit dihindari di hari pertama kerja. Meski begitu, jangan juga lupakan bahwa kesan pertama adalah hal yang penting. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak senyum.

“Mungkin butuh beberapa saat untuk bisa sampai ke poin ini setelah mencari, menjalani wawancara, dan mendapatkan pekerjaan. Jadi, jangan lupa untuk bahagia dan menikmati waktu yang ada,” lanjut Hockett.

3. Terima ajakan makan siang

Tidak menutup kemungkinan bahwa rekan kerja atau atasan akan mengajak makan siang di hari pertama kerja. Mungkin sekadar untuk berkenalan, atau menjelaskan visi misi perusahaan. Saat tawaran tersebut datang, usahakan untuk tidak menolaknya.

“Penting untuk menunjukkan bahwa kamu siap untuk bercengkrama dengan tim barumu. Jadi simpan bekal makan siangmu untuk hari lain,” tutur Hockett.

4. Siapkan pertanyaan

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan saat pertama kali masuk kerja adalah bertanya. Namun, pastikan pertanyaan tersebut ditanyakan dalam saat yang tepat dan memang benar-benar perlu untuk ditanyakan.

“Pada umumnya, kamu mencoba untuk menunjukkan rasa penasaran dan keinginan untuk belajar. Jangan sampai bertanya terlalu banyak pertanyaan di hari pertama juga. Kamu punya banyak waktu untuk mempelajari pekerjaanmu,” kata Mark Stong, konsultan karier dan hidup.

5. Banyak memperhatikan

Yang tidak kalah penting dari bertanya adalah memperbanyak mendengarkan dan memperhatikan. Meski kita mungkin memiliki keinginan untuk berbicara dan mengungkapkan opini, ada baiknya jika bisa menahan hal tersebut hingga waktu yang akan datang.

“Hari pertama adalah bukan saatnya untuk mengutarakan opini secara kuat. Jadilah orang yang bersahabat, temui orang-orang, senyum dan dengarkan,” tambah Strong singkat.

Sumber: kumparan.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Pulanglah! Ada Surga Menuggu di Rumah Orangtuamu

  Kematian pasangan suami isteri di Magelang dirumahnya baru-baru ini tanpa diketahui orang lain selama ...