Home / Artikel / Artikel Lepas / 4 Cara Lebih Produktif di Bulan Ramadan

4 Cara Lebih Produktif di Bulan Ramadan

 

thayyiba.com :: Memasuki minggu pertama bulan Ramadan, kamu tentu akan merasakan suasana yang berbeda saat beraktivitas. Bagi yang beraktivitas di kantor, makan camilan atau minum kopi adalah salah satu cara untuk membuat mood bekerja menjadi lebih baik sekaligus menambah energi. Namun, selama bulan Ramadan, kamu tentu nggak bisa mengonsumsi apa pun sebelum tiba waktunya berbuka! Lantas, bagaimana kamu bisa mendapatkan semangat untuk menjalani aktivitas harian?

Sobat  nggak perlu khawatir karena berpuasa nggak akan menghambat produktivitasmu asal kamu tahu caranya! Ikuti beberapa tips ampuh di bawah ini agar kamu tetap on fire menjalani rutinitas!

Perbaiki waktu tidur

Ini adalah salah satu kunci utama untuk menghindari rasa lesu saat beraktivitas selama bulan Ramadan. Selama berpuasa, kamu pasti harus meluangkan waktu untuk bangun dan menyantap menu sahur, atau bahkan memasak dan menyiapkannya terlebih dulu. Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan pola tidur selama bulan Ramadan, sebab tubuhmu sangat perlu istirahat yang cukup untuk menghadapi aktivitas esok hari. Cobalah tidur lebih awal daripada biasanya agar ibadah dan rutinitas berjalan lancar.

Memerinci to-do-listharian

Membuat daftar hal yang harus dilakukan secara detail seharusnya nggak cuma bisa dilakukan saat beraktivitas di bulan Ramadan. Namun, kalau kamu nggak memerinci to-do-list harian ini selama berpuasa, gawatnya bisa berkali-kali lipat, lho, Sobat Shopee! Bisa-bisa kamu hanya bingung dan tertunduk lesu karena banyak banget hal yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya buatlah daftar pekerjaan apa yang harus diselesaikan dan tentukan prioritas harianmu. Jika terdapat pekerjaan yang urgen, maka prioritaskan hal tersebut untuk diselesaikan pada jam produktifmu.

Gunakan waktu istirahat untuk power nap

Biasanya, waktu istirahat pasti digunakan untuk menyantap makan siang dan mengobrol dengan kolega. Berbeda dengan hari biasa, pada bulan Ramadan kamu bisa menggunakan jam istirahat untuk ‘mencuri’ waktu power nap setelah selesai beribadah dan membaca Alquran. Dengan 15 hingga 30 menit dari waktu istirahat yang kamu miliki, energi tubuh akan terisi ulang. Kamu pun akan tetap bersemangat melakukan kegiatan.

Kurangi waktu mengakses media sosial

Hmm, ngaku deh, siapa yang kalau merasa jenuh dan bosan pasti secara otomatis membuka akun media sosial? Niatnya mau akses media sosial selama lima menit, scroll sana sini, eh malah bablas main hingga berjam-jam….waduh! Nah, untuk menghindari hal yang nggak diinginkan, cobalah kurangi durasi mengakses media sosial dan mulai alokasikan waktumu untuk hal lain, seperti menyicil pekerjaan agar nggak menumpuk atau mengaji. Bukan berarti kamu sama sekali nggak boleh akses media sosial, lho, Sobat Shopee!

Sobat Shopee, beberapa tips di atas adalah langkah sederhana yang jitu untuk membuatmu lebih produktif selama berpuasa. Selamat mencoba!

Sumber: Shopee

About A Halia

A Halia

Check Also

Sahur Ala Rasulullah

thayyiba.com :: Baginda Rasulullah SAW merupakan panutan bagi kita. Setiap kalamnya, perbuatannya, dan gerak-geriknya patut kita ...