Home / Artikel / Kesehatan / Atasi Batuk Pilek Anak Secara Mandiri Di Rumah

Atasi Batuk Pilek Anak Secara Mandiri Di Rumah

thayyiba.com :: Batuk pilek tidak mutlak diatasi dengan penggunaan obat-obatan. Berbagai cara pengobatan rumahan juga cukup efektif dalam menangani batuk pilek derajat ringan pada anak. Sang buah hati pun dapat cepat kembali beraktivitas dan bermain.

Walaupun batuk pilek ini ada yang bisa diobati dengan cara rumahan, tetapi orangtua harus memahami terlebih dahulu tentang keadaan penyakit ini. Mana yang cocok untuk pengobatan rumahan dan mana yang tidak. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Faktor Penyebab Penyakit Batuk Pilek Anak

Batuk pilek ini adalah suatu kondisi yang lumrah pada anak-anak. Penyebab tersering adalah virus yang bernama rhinovirus. Virus ini akan mengakibatkan iritasi pada lapisan mukosa bagian hidung dan tenggorokan. Ibu harus tahu bahwa virus ini dengan mudah menyebar. Umumnya penyebaran melalui udara ataupun berkontak dengan penderita batuk pilek.

Anak-anak memiliki risiko yang lebih besar terkena penularan penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh daya imunitasnya yang relatif lebih rendah. Pada usia ini juga, anak-anak akan lebih aktif bermain dan bersentuhan dengan teman-temannya yang kebetulan sedang menderita batuk pilek. Anak yang sedang menderita penyakit ini biasanya kurang menjaga higienitasnya (batuk sembarangan, cairan ingus yang tidak terkontrol dengan baik, dan sebagainya) karena faktor umur.

Cara Mengatasi Batuk Pilek Anak Secara Rumahan

Penting untuk diketahui bahwa batuk pilek ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu menggunakan obat-obatan. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus kebanyakan sembuh sendiri. Orangtua harus memahami konsep ini sehingga tidak cepat panik dan khawatir.

Setelah memahami konsep ini, tindakan pengobatan rumahan yang perlu dilaksanakan antara lain:

  • Pastikan bahwa anak akan memperoleh waktu istirahat yang cukup. Aktivitas sebaiknya dikurangi bila tidak mendesak dan penting.
  • Asupan cairan harus cukup selama periode sakit dan masa penyembuhan. Bujuk anak agar selalu memperoleh cairan yang adekuat.
  • Edukasi keluarga dan orang sekitar agar menciptakan udara dan suasana yang nyaman untuk anak. Jangan membuat polusi udara dengan kebiasaan merokok dan menjaga kebersihan tempat tinggal.
  • Siapkan menu makanan yang bergizi untuk menunjang proses perlindungan dan penyembuhan penyakit.
  • Beri kehangatan dengan menggunakan pengatur suhu ruangan atau baju yang agak tebal. Penggunaan krim penghangat juga boleh dilakukan.

Nah, itu tadi beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa diterapkan kepada anak. Untuk penyakit batuk pilek yang berkepanjangan atau tidak kunjung ada perubahan, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter. Dokter akan memastikan diagnosis dan derajat penyakit.

Penyakit yang disebabkan oleh virus cukup sering juga menjadi bertambah parah atau tidak kunjung sembuh lantaran ada infeksi tambahan. Umumnya infeksi tambahan adalah infeksi oleh bakteri. Pada keadaan ini, pengobatan membutuhkan antibiotik, tidak cukup dengan konsep sembuh sendiri. (thayyiba.com)

About Dr. Amrizal Zuhdy

Dr. Amrizal Zuhdy
Aktif memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Padang Garugur, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Selain itu, juga aktif menulis dan berbagi informasi dan manfaat di https://kedokteran-kesehatan.blogspot.com/ “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Check Also

Selama Puasa, Makan Malam Sebaiknya Paling Lambat Jam Berapa?

  thayyiba.com :: Selama bulan puasa, Anda hanya boleh makan di waktu berbuka dan sahur. Di ...