Home / Fashion / Life & Love / Makanan-makanan Buka Puasa di Berbagai Negara

Makanan-makanan Buka Puasa di Berbagai Negara

thayyiba.com :: Hari ini, apa menu buka puasa lo? Es kelapa muda ditambah susu? Es cendol? Gorengan? Kolak pisang? Kolang-kaling? Nasi uduk? Rendang daging? Duuuhh, kalo disebutin terus, bisa-bisa makin netes nih ilernya, hihi. Beruntunglah lo yang tinggal di Indonesia, karena kita punya banyaaaaaakkk banget ragam makanan, yang pastinya enak-enak!

Di bulan puasa, makanan-makanan enak ini kayaknya makin berjamur dan berkembang biak kayak bakteri. Lima langkah lo jalan keluar rumah, lo bakalan nemu tukang jualan takjil dan makanan-makanan buka puasa. Nah, penasaran nggak sih, gimana makanan-makanan buka puasa di negara lain? Nihhhh cekidot!

1. India

Di India, makanan buka puasanya beda-beda nih tergantung daerah. Wilayah selatan kayak Hyderabad biasanya menyantap haleem. Haleem ini kayak semacam rebusan yang isinya daging, lentil, dan gandum yang ditumbuk sampe jadi kuah kental. Sementara di daerah lainnya kayak Tamil Nadu dan Kerala, yang lebih populer adalah nombu kanji, bubur yang berisi daging dan sayuran.

2. Afghanistan

Serupa tapi nggak sama kayak India, Afghanistan juga suka makanan yang berkari dan berbumbu kuat. Mereka biasanya buka puasa pake sup bawang dengan potongan daging, trus kebab, dan nasi pulao. Nasi pulao ini semacam nasi biryani gitu, tapi cara masaknya beda, yaitu nasi, daging, dan sayurannya dimasak bareng-bareng.

3.  Pakistan dan Bangladesh

Karena pernah jadi satu negara dan punya tradisi yang mirip, makanan buka puasa di Pakistan dan Bangladesh juga mirip-mirip. Di sana, yang terkenal tuh dari mulai jalebi, atau kue yang dibikin dari adonan tepung berbentuk pretzel atau melingkar dan direndam dalam sirup gula, trus haleem, paratha atau roti gandum kayak cane, daging kari, salad buah, kebab, piyaju yang terbuat dari lentil dan bawang merah, sampe beguni, terong yang digoreng menyerupai risol.

4. Somalia, Etiopia, Yaman

Kalo di ketiga negara tersebut, yang terkenal namanya Sambusa. Sambusa juga dikenal dengan sebutan samosa atau samusa. Makanan ini bentuknya segitiga, mirip-mirip pastel deh, isinya ada kentang, bawang merah, kacang polong, kacang lentil, makaroni, mie, atau daging sapi cincang.

5. Iran

Koofteh tabrizi adalah makanan favorit di Iran. Makanan ini adalah makanan tradisional dari zamannya Persia. Koofteh tuh semacam bakso yang dibikin dari daging sapi dicampur sayuran kayak bayam dan rasanya pedes. Nyammm kalo dimakan pake nasi anget!

6. Turki

Turki sih surganya makanan banget, apalagi bulan puasa! Banyak macem makanan yang disediain menjelang buka, dari yang ringan sampe yang berat. Salah satunya kanafeh. Karena orang Turki suka makan keju, Tarafeh jadi favorit banget, yaitu kue keju yang direndam ke dalam sirup manis.

Gimanah, gimanah, udah ngilerr? Atau masih tetep setia sama es teh manis sama bakwan nih?

Sumber: provoke online

About A Halia

A Halia

Check Also

Pulanglah! Ada Surga Menuggu di Rumah Orangtuamu

  Kematian pasangan suami isteri di Magelang dirumahnya baru-baru ini tanpa diketahui orang lain selama ...