Home / Fashion / Life & Love / 6 Olahan Buah Kurma yang Nikmat untuk Ramadhan atau Lebaran

6 Olahan Buah Kurma yang Nikmat untuk Ramadhan atau Lebaran

6 Olahan Buah Kurma yang Nikmat untuk Hari Lebaran
Terlalu banyak stok kurma di rumah? Manfaatkan buah dari Timur Tengah ini dalam sajian hari Lebaran. (Liputan6.com/M.Iqbal)

thayyiba.com :: Buah kurma menjadi buah wajib ketika bulan Ramadan hingga Lebaran tiba, karena menjadi sunnah untuk dimakan terlebih dahulu saat waktu berbuka tiba. Ternyata selain enak, kurma juga bisa diolah menjadi 6 makanan enak yang bisa dihidangkan saat Hari Lebaran tiba. Inilah 6 jenis makanan yang bisa dikolaborasikan dengan buah kurma.

Nastar isi kurma

Nastar menjadi salah satu kue kering yang hampir ada di meja tamu saat Lebaran. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat nastar menjadi kue yang paling digemari saat Lebaran. (Istimewa)

Kue Nastar memang idolanya hari lebaran dan biasanya memiliki isian buah nanas. Tapi, nastar isi kurma bisa menjadi pilihan Anda untuk kreasi di hari Lebaran. Bersihkan dan haluskan buah kurma, lalu masukkan dalam adonan nastar yang sudah dibuat. Tentunya rasa manis kurma bisa jadi padanan yang sesuai bagi kue nastar.

Kurma balut cokelat

Kurma dari Arizona, AS. (Liputan6.com/Andreas Gerry Tuwo)

Bila Anda sering membuat kue cokelat menggunakan choco chips, ternyata kurma juga bisa dijadikan kurma balut cokelat dengan senasi yang tidak kalah enaknya. Siapkan cokelat yang sudah dicairkan, bersihkan kurma dari bijinya, dan celup kurma dalam adonan cokelat.

Nasi Kurma

Ghost Dum Briyani miliki cara masak yang khas

Nasi kurma menjadi salah satu kombinasi makanan berat yang enak disajikan saat hari Lebaran. Cara membuatnya juga cukup mudah, karena hampir mirip dengan resep Nasi Kebuli dan Briyani, namun bahan kismis diganti dengan kurma yang telah dipotong dadu. Dengan potongan daging kambing yang besar, kombinasi nasi dapat kurma ini dapat mengenyangkan semuanya.

Brownies

Bosan dengan manisnya cokelat pada sajian Brownis? Kurma bisa menjadi pengganti yang tepat untuk rasa yang unik. Cukup persiapkan bahan yang sama untuk brownis, lalu persiapkan kurma yang sudah dipotong dadu untuk dijadikan isian didalamnya. Selain memiliki manis alami, rasa segar dari kurma dapat menjadi sensasi menyenangkan saat mengonsumsi brownis kurma.

Ayam Gulai Kurma

Ayam Gulai Kurma menjadi salah satu resep andalan ketika Lebaran. Selain nikmat, ayam gulai kurma dapat dikombinasikan dengan berbagai makanan berat hanya dengan satu langkah mudah. Persiapkan bumbu sesuai resep ayam gulai, lalu tambahkan kurma yang sudah diiris ke dalam campuran santan dan ayam. Tentunya sajian ini bisa jadi favorit keluarga.

Pudding Kurma

Vanilla Pudding (foto : DJFoodie.com)

Siapa bilang kurma tidak cocok digunakan untuk sajian puding yang lembut? Siapkan bahan-bahan untuk membuat pudding, atau gunakan puding instan, kombinasikan irisan kurma kedalamnya. Jangan lupa bersihkan kuma terlebih dahulu dan potong kurma kecil-kecil untuk hasil yang maksimal. Siap menghadapi lebaran dengan menu serba kurma?

Sumber: liputan6

About A Halia

A Halia

Check Also

Menemukan Kekasih Bertakwa

Banyak sekali yang bertanya dan bingung, bagaimana cara mencari dan mengenali lawan jenis yang shalih ...