Home / Artikel / Kesehatan / 5 Makanan yang Jangan sampai Kamu Panaskan Ulang, Bisa Berbahaya Loh

5 Makanan yang Jangan sampai Kamu Panaskan Ulang, Bisa Berbahaya Loh

cov.jpeg
none

thayyiba.com :: Pada saat momen berkumpulnya keluarga, tak jarang pasti keluargamu akan memasak dalam jumlah yang besar agar mengantisipasi kalau makanannya kurang.

Atau pada saat kamu kos dan memasak untuk semua anak kos dengan jumlah yang banyak tapi ternyata masih ada yang tersisa pastinya makanan tersebut tidak akan kamu buang dan kamu simpan lalu besok bisa dipanaskan untuk dimakan kembali.

Memang terdengar sepele karena hal ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan banyak orang, tapi ada beberapa bahan makanan yang bisa berbahaya jika kamu panaskan ulang loh.

Langsung saja deh simak beberapa bahan makanan berikut ini yang haram untuk kamu panaskan ulang.

1. Kentang

Sumber gambar: pixabay.com

Sayuran satu ini bisa diolah menjadi pada saja, tapi hal yang perlu kamu tahu adalah jangan sampai memanaskannya dua kali.

Kentang yang kamu panaskan kembali akan membuat bakteri langka yang ada pada kentang bisa tumbuh dan bisa mengganggu sistem pencernaanmu loh.

2. Jamur

Sumber gambar: gulalives.co

Bagi para vegetarian akan mengganti menu daging dengan jamur karena memiliki rasa dan tekstur yang sama jika diolah secara tepat.

Selain itu, jamur juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

Tapi jangan sampai menghangatkan kembali jamur karena bisa menjadi racun yang bisa membahayakan tubuhmu.

3. Nasi

Sumber gambar: taste.com

Siapa yang tahu kalau nasi tak boleh kamu panaskan ulang setelah lama berada dalam suhu kamar.

Hal ini karena nasi memiliki spora bakteri yang bisa berkembang jika nasi yang sudah lama kamu diamkan di ruangan dengan suhu kamar kamu panaskan lagi.

Spora bakteri yang ada pada nasi ini juga sangat berbahaya yang bisa menyebabkan diare dan muntaber.

4. Ayam

Sumber gambar: unileverfoodsolutions.co.id

Salah satu lauk makanan yang paling digemari di Indonesia ini juga haram jika kamu panaskan dua kali.

Alasannya karena protein yang ada pada ayam akan bisa berubah menjadi racun yang bisa membuat masalah pencernaan pada tubuhmu.

5. Telur

Sumber gambar: hellosehat.com

Telur bisa kamu temukan dimana saja dengan mudah, dengan harganya yang terjangkau juga menjadi andalan anak kos pada tanggal tua.

Meskipun kaya akan protein tapi telur tak boleh kamu panaskan ulang, karena protein yang ada pada telur bisa berubah menjadi racun yang berdampak buruk pada tubuhmu.

Kamu yang jauh diperantauan lebih baik jangan memanaskan 5 bahan makanan diatas untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan.

[Provided by IDN Times]

About A Halia

A Halia

Check Also

Ayah juga Mengalami Baby Blues? Yuk Simak Cara Mengatasinya

Baby blues ternyata tidak hanya dialami para ibu lho. Menurut penelitian, sekitar 62% ayah ternyata juga mengalami baby ...