Home / Kabar / Asia / Menlu Iran ke Kuwait, Ini Hasil Pertemuannya

Menlu Iran ke Kuwait, Ini Hasil Pertemuannya

Menlu Iran Mohamad Javad Zarif. (Foto: Sputnik)

thayyiba.com :: Menteri Luar Negeri Iran Mohamad Javad Zarif melakukan kunjungan resmi ke Kuwait pada Sabtu (17/08) kemarin waktu setempat.

Sejumlah agenda harus dilakoni Zarif selama keberadaannya di Kuwait. Beberapa di antaranya adalah menghadiri pertemuan dengan Dewan Persahabatan Iran-Kuwait, serta bertemu dengan Menlu Kuwait Sabah al-Khaled al-Hamad al-Sabah.

Selain itu, Zarif juga mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Kuwait, Syekh Nawaf al-Ahmad al-Jaber al-Sabah. Ia pun membeberkan hasil pertemuan itu di jejaring media sosial Twitter.

“Saya mengadakan pembicaraan yang baik sekali dengan Putra Mahkota Kuwait. Saya juga berharap agar Emir Kuwait segera diberi kesembuhan,” ujarnya di Twitter, Ahad (18/08/2019).

Menurut Zarif, salah satu yang menjadi pokok pembicaraan antara dirinya dengan Syekh Nawaf adalah mengenai situasi terkini di Kawasan Timur Tengah. Ia mengklaim mengajukan proposal untuk perundingan dengan beberapa negara Arab seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

“Saya mengajukan proposal untuk menggelar dialog regional dan mendiskusikan gagasan yang diusung Iran untuk menandatangani perjanjian non-agresi dengan negara-negara Teluk,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Zarif juga menyampaikan pentingnya persatuan antara negara-negara Teluk. Ia mengatakan, “Kita dan kalian (Teluk) akan tetap berada di kawasan ini, sementara orang-orang asing itu akan pergi darinya.” (thayyiba.com)

About Azah

Check Also

Partai Arab Israel Kemungkinan Pimpin Oposisi di Parlemen

    Suara Partai Arab Joint List menempati urutan ketiga terbanyak dalam pemilu Israel. thayyiba.com ...