Home / Kabar / Amerika / Tahun Ini, Belanja Militer Arab Saudi Paling Besar Ketiga Dunia

Tahun Ini, Belanja Militer Arab Saudi Paling Besar Ketiga Dunia

Foto: Ilustrasi

thayyiba.com :: Global Firepower kembali merilis anggaran belanja militer negara-negara di seluruh dunia tahun 2019 ini. Hasilnya, Amerika Serikat masih menempati posisi pertama dengan anggaran belanja senilai 716 miliar dolar AS.

Jumlah dana yang dikeluarkan negeri Paman Sam itu jauh di atas China yang menempati posisi kedua. Negara yang beribu kota di Beijing itu, disebut menggelontorkan dana sebesar 224 miliar dolar AS untuk belanja militer.

Kejutan terjadi di posisi ketiga. Posisi ini ditempati oleh negara dari Timur Tengah, yaitu Arab Saudi. Negara terbesar di kawasan Teluk itu dikabarkan merogoh kocek sebesar 70 miliar dolar AS untuk belanja militer tahun ini.

Posisi keempat ditempati oleh India dengan 55 miliar dolar, selanjutnya Jerman dengan 49 miliar dolar, Inggris dengan 47,5 miliar dolar, Jepang dengan 47 miliar dolar, Rusia dengan 44 miliar dolar, Prancis 40,5 miliar dolar dan Korea Selatan 38,3 miliar dolar.

Secara global, jumlah dana yang dikeluarkan negara-negara untuk belanja militer mengalami kenaikan sebesar 2,6 persen. Di tahun 2018 lalu, negara-negara di dunia mengeluarkan dana sebesar 1.822 triliun dolar AS untuk militer. Jumlah tersebut sama dengan 2,1 persen produk domestik bruto (PDB) dunia.

Sebuah lembaga menyebutkan, Amerika Serikat, China, Saudi, India serta Prancis menjadi negara-negara terdepan dalam urusan belanja militer. Total dana yang mereka keluarkan di bidang ini mencapai 60 persen dari yang dikeluarkan seluruh dunia. (thayyiba.com)

About Azah

Check Also

PM Israel Netanyahu Terancam Lengser

    Lawan Netanyahu, Benny Gantz akan menggantikannya membentuk pemerintahan. thayyiba.com :: Perdana Menteri Israel Benjamin ...