Home / Artikel / Kesehatan / 8 Tips Sukses Program Hamil Agar Cepat Punya Momongan  

8 Tips Sukses Program Hamil Agar Cepat Punya Momongan  

thayyiba.com :: Anda dan pasangan ingin cepat-cepat punya momongan? Beberapa pasangan mungkin bisa cepat hamil sementara yang lain butuh waktu lebih lama dan usaha yang lebih gigih. Jika Anda salah satunya, jangan langsung berkecil hati. Yuk, intip tips ampuh berikut ini agar program hamil Anda bisa berjalan optimal.

Tips program hamil yang ampuh

Berikut ini beberapa tips program hamil yang dapat Anda ikuti berdua pasangan agar tak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan buah hati.

1. Cek kondisi kesehatan dulu

Sebelum Anda dan pasangan resmi memulai program hamil, sebaiknya cek kondisi kesehatan masing-masing terlebih dahulu. Tes kesehatan untuk program hamil yang biasa dianjurkan dokter meliputi tes darah, kadar gula darah, fungsi tiroid, pap smear, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan ini penting dilakukan supaya dokter mengetahui ada tidaknya kelainan atau masalah kesehatan yang dimiliki Anda dan pasangan. Jika Anda dan pasangan ternyata membawa penyakit genetik tertentu, risiko pada kehamilan dan bayi bisa dihindari sejak dini.

Ingat, semakin cepat masalah Anda diketahui maka semakin cepat dokter dapat mengobati kondisi Anda. Dengan begitu, peluang Anda untuk untuk cepat mendapatkan momongan juga semakin besar.

Jangan lupa tanyakan juga pada dokter mengenai obat atau vitamin yang aman dikonsumsi untuk persiapan kehamilan.

2. Cari tahu masa subur Anda

masa tidak subur wanita

Salah satu kunci sukses program hamil adalah mengetahui kapan masa suburAnda. Masa subur sendiri merupakan masa ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur.

Jika sel telur yang dilepaskan saat masa subur wanita ini berhasil dibuahi oleh sperma, maka wanita akan berpotensi hamil. Namun, jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma, sel telur akan mati dan menstruasi pun terjadi.

Untuk menghitung masa subur, Anda harus mengetahui dulu waktu-waktu kapan terjadi menstruasi. Buat dan catat pada kalender menstruasi untuk mengetahui masa perkiraan dan menghitung masa subur.

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, Anda mungkin tak kesulitan untuk mengetahui masa subur Anda. Lain ceritanya bagi Anda yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur. Pasalnya, Anda mungkin akan lebih sulit untuk bisa mendeteksi kapan tubuh Anda akan melepaskan sel telur setiap bulannya.

Kabar baiknya, Hello Sehat menyediakan Kalkulator Masa Subur untuk mempermudah Anda menghitung  kapan masa subur Anda. Caranya cukup dengan klik gambar di bawah ini

3. Lakukan hubungan intim di waktu yang tepat

Setelah mengetahui kapan masa subur, lakukanlah hubungan intim bersama pasangan. Anda bisa melakukan hubungan seksual 1 atau 3 hari sebelum sel telur dilepaskan.

Anda juga bisa berhubungan seksual 12 sampai 24 jam setelah ovulasi terjadi. Berhubungan intim pada waktu-waktu tersebut dipercaya sebagai cara cepat hamil yang cukup efektif, bahkan peluang keberhasilan proses pembuahan pun akan lebih besar.

Penting untuk diketahui bahwa sperma hanya bisa bertahan hidup setidaknya 3 hari saja setelah dikeluarkan. Semetara sel telur hanya bisa bertahan hidup satu hari setelah berhasil dilepaskan indung telur. Nah, oleh sebab itu, manfaatkan sebaik mungkin masa subur wanita agar program hamil berhasil dilakukan.

4. Sering-sering berhubungan seks

Tips sukses program hamil lainnya adalah sering-sering berhubungan seksual. Tidak ada istilah terlalu banyak berhubungan seksual apabila Anda ingin cepat hamil. Selagi sudah tahu kapan masa subur dan kondisi Anda secara menyeluruh, berhubungan seksual lebih dari sekali tentu sangat diperbolehkan.

Namun ingat, Anda sebaiknya tidak melakukan hubungan intim secara berlebihan. Berlebihan di sini adalah ketika Anda dan pasangan terlalu memforsir diri masing-masing untuk berhubungan seks. Alih-alih ingin cepat punya momongan, hal tersebut justru membuat tubuh Anda kelelahan dan stres. Jika sudah begini, aktivitas seks jadi tidak berjalan secara optimal.

Idealnya, lakukanlah hubungan intim dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Tentukan posisi seks yang nyaman

Masih banyak masyarakat yang percaya bahwa ada posisi-posisi seks tertentu yang bisa meningkatkan peluang untuk hamil. Faktanya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang benar-benar mengatakan bahwa posisi seks tertentu bisa bikin cepat hamil.

Pada dasarnya, semua posisi seks itu baik, asalkan Anda dan pasangan merasa nyaman ketika melakukannya.

6. Perhatikan asupan makanan harian

Menerapkan pola makan sehat tidak hanya baik untuk kesehatan Anda secara menyeluruh, tapi juga sebagai kunci keberhasilan program hamil Anda. Ya, ketika Anda dan pasangan sudah mantab untuk melakukan program hamil. sebaiknya secara perlahan tapi pasti ubahlah pola makan Anda berdua menjadi lebih sehat.

Hal ini bisa dimulai dengan memerhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi, terutama yang banyak mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium. Ingat, nutrisi yang tepat dapat membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan yang sehat.

Hindari mengonsumsi makanan manis, terlalu asin, dan berlemak tinggi. Perhatikan pula cara mengolah makanan yang Anda konsumsi. Anda bisa mengolah makanan yang lebih sehat dengan cara ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang.

Selain itu, hindari pula mengonsumsi suplemen kehamilan secara sembarang. Selalu konsultasikan ke dokter kandungan Anda terlebih dahulu sebelum minum suplemen kehamilan.

7. Rutin olahraga

Kebugaran tubuh juga penting untuk diperhatikan karena hal tersebut juga sangat menentukan peluang keberhasilan program hamil. Tak melalu harus olahraga dengan intensitas tinggi, Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda sukai. Kuncinya satu, buatlah diri Anda bergerak setiap hari.

Agar lebih bersemangat, ajaklah pasangan Anda olahraga bersama. Di samping menjaga kebugaran, beraktivitas fisik bersama bisa lebih mendekatkan Anda berdua karena tumbuhnya rasa saling mendukung.

Sebelum memulai olahraga atau latihan tertentu, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter Anda soal kondisi fisik dan kebutuhan Anda. Pasalnya, tubuh setiap orang itu berbeda-beda, sehingga jenis olahraga dan aturannya pun tentu tidak sama antara satu orang dan lainnya.

8. Berhenti merokok

tips berhenti merokok

Merokok adalah salah satu penyebab seseorang tidak subur atau bahkan mandul. Nah, oleh sebab itu, apabila Anda ingin program hamil ini berjalan sukses, baiknya mulailah berhenti merokok sekarang juga.

Tidak mudah memang. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan, kan? Ingatlah si kecil yang Anda dan pasangan damba-dambakan. Kalahkan ego Anda dan bulatkan tekad untuk berhenti merokok sekarang juga.

Mintalah pasangan untuk mengingatkan dan menyemangati ketika Anda mulai tergoda untuk merokok lagi. Pelan-pelan kurangi frekuensi merokok Anda. Dari satu batang sehari lama-lama menjadi tidak merokok sama sekali.

Selain berhenti merokok, Anda dan pasangan juga disarankan untuk mengurangi mengonsumsi alkohol. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi alkohol setiap hari dapat mengurangi tingkat testosteron dan jumlah sperma, serta dapat meningkatkan jumlah sperma yang tidak normal.

Sumber: hellosehat.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Cara Menyimpan Buah Agar Segar Lebih Lama

Masing-masing jenis buah memiliki cara tersendiri dalam menyimpannya. (Foto: Shutterstock)   thayyiba.com :: Lain dengan sayur, ...