Home / Kabar / Nasional / BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan untuk Jakarta dan Banten

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan untuk Jakarta dan Banten

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan untuk Jakarta dan Banten
Ilustrasi Jakarta (Rachman Haryanto/detikcom)
thayyiba.com :: Serang – BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis di wilayah Banten dan DKI Jakarta. Diperlukan kewaspadaan terkait adanya ancaman kekeringan.

BMKG menganalisis bahwa data hari tanpa hujan (HTH) hingga 20 Agustus 2019 menunjukkan sebagian besar wilayah Banten dan Jakarta mengalami kekeringan dalam rentang waktu dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari.

Prakiraan peluang curah hujan pada 10 hari ketiga pada Agustus dan 10 hari pertama pada September 2019 menunjukkan beberapa daerah diperkirakan akan mengalami curah hujan renda dengan peluang hingga lebih dari 90 persen.

“Kedua potensi di atas memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Tangsel Sukasno dalam keterangan yang diterima detikcom di Serang, Banten, Rabu (21/8/2019).

Potensi curah hujan rendah ini berdampak pada sektor pertanian yang menggunakan sistem tadah hujan, khususnya di kawasan Banten dan Jakarta. Ini berdampak juga pada pengurangan ketersediaan air tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air.

“Berdampak pada meningkatnya polusi udara di Banten dan Jakarta,” tambahnya.

Prakiraan curah hujan rendah dengan status waspada untuk Lebak ada di Kecamatan Cileles, Panggarangan, dan Rangkasbitung; Pandeglang di Mandalawangi dan Menes; serta Tangerang di Kecamatan Cisoka.

Untuk siaga, di Jakarta di Kecamatan Gambir, Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Baru, Pasar Minggu, Kedoya Selatan, dan Grogol Petamburan; Depok di Kecamatan Depok dan Pesangrahan; Tangerang dan Tangsel di Kecamatan Sukamulya, Legok Serpong, Kresek, dan Pondok Aren.

Status siaga di Serang seperti Carenang, Cinangka, Kibin, Kramatwatu, Ciomas, Pamarayan, Cilodong, dan Tirtayasa. Pandeglang di Cipeucang, Banjarsari, Jiput, Labuan, Munjul, Pagelaran, Pulosari, Sobang. Di Kabupaten Lebak di Kecamatan Banjarsari, Cibeber, Cihara, Cikulur, Gunung Kencana, Cijaku, Rangkasbitung, Maja, Malingping, Warung Gunung.

Status awas di Jakarta, seperti di Menteng, Gambir, Kemayoran, Tanah Abang, Tebet, Pasar Minggu, Setiabudi, Halim, Pulogadung, CIpayung, Cilincing, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, dan Penjaringan.

Lebak berstatus awas di Bayah, Cilograng, Cimarga, Malingping. Pandeglang di Kecamatan Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu. Di Serang di Kecamatan Ciruas dan Walantaka. Di Tangerang di Kecamatan Teluk Naga, Sepatan, Mauk, Cengkareng, Ciputat, Kresek, Cipondok, Kronjo, Kemiri, Pasar Kemis, dan Tangerang.

Sumber: detiknews

About A Halia

A Halia

Check Also

Melihat Makam BJ Habibie dan Ainun Berdampingan di TMP Kalibata

Makam Habibie-Ainun dipenuhi bunga. (Jefrie/detikcom) Jakarta – Sesuai permintaannya semasa hidup, Presiden RI ke-3 BJ Habibie ...