Home / Kabar / Eropa / Chechnya Resmikan Masjid Fakhrul Muslimin, Terbesar di Eropa

Chechnya Resmikan Masjid Fakhrul Muslimin, Terbesar di Eropa

Masjid Fakhrul Muslimin. (Foto: Net)

thayyiba.com :: Pemerintah Republik Chechnya baru saja meresmikan Masjid Fakhrul Muslimin pada hari ini, Jumat (23/08/2019). Peresmian masjid terbesar itu disaksikan langsung oleh Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov.

Masjid Fakhrul Muslimin menjadi simbol arsitektur Islam modern. Ia dibangun dengan empat pintu simetris yang sesuai satu sama lainnya.

Masjid ini memiliki luas 9,7 ribu meter persegi. Diperkirakan masjid ini dapat menampung 20 ribu jamaah di dalam, dan 100 ribu jamaah di luar.

Arsitektur Masjid dirancang oleh arsitek asal Uzbekistan bernama Abdul Qahar Tardayev. Rancang bangunannya berhasil memenangkan kompetisi internasional yang digelar sebelum konstruksi dimulai.

Pembangunan masjid ini memerlukan waktu hiingga 7 tahun. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 2 Desember 2012 silam.

Sejumlah tokoh besar turut hadir dalam peresmian Masjid Fakhrul Muslimin ini. Salah satunya adalah Menteri Urusan Islam dan Dakwah Arab Saudi, Syaikh Abdul Latif bin Abdulaziz Al Syaikh. (thayyiba.com)

About Azah

Check Also

Pembantaia Muslim Bosnia

Pada tanggal 11 Juli 1995, tepat 24 tahun yang lalu, terjadi pembantaian terburuk dalam sejarah ...