Home / Artikel / Kesehatan / 12 Penyebab Mata Tidak Jernih yang Wajib Anda Ketahui

12 Penyebab Mata Tidak Jernih yang Wajib Anda Ketahui

thayyiba.com :: Mata merupakan organ terpenting dalam tubuh. Untuk itulah, pentingnya menjaga mata agar tetap sehat dan terjaga dengan baik. Mata memang begitu penting dalam kehidupan. Namun, tidak menutup kemungkinan mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah adalah mata tidak jernih. Tentu mata yang tidak jernih ini mengakibatkan perbedaan. Bisa jadi akan menganggu dalam pengelihatan. Selain itu, mata yang tidak jernih juga mangalami diindikasi mengalami gangguan kesehatan.

Untuk itu, penting anda ketahui penyebab mata yang tidak jernih karena bisa jadi terindiknasi sebuah panyakit. Jika tidak, terkena sesuatu yang membuat mata menjadi iritasi ataupun menolak akan benda-benda yang menyentuh daerah sensitif mata. Artikel berikut akan mengupas terkait dengan penyebab mata tidak jernih. Artikel yang akan memandu akan menjadi tahu dan menjaga agar mata tetap sehat.

  1. Polusi udara

Penyebab mata tidak jernih pertama dalah polusi udara. Polusi udara memang tidak baik untuk kesehatan mata. Karena mengandung molekul-molekul zat yang berbahaya. Selain itu, paparan akan zat kimia yang terbawa yang mengakibatkan mata tidak sehat. Zat-zat berbahaya akan menempel pada mata dan mengedap. Hal inilah yang mengakibatkan mata tidak jernih. Baca juga  bahaya minum air es.

  1. Hewan

Penyebab mata tidak jernih berikutnya adalah hewan. Anda yang senang memelihara hewan, terutama yang berburu harus waspada. Karena akan menganggu kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari bulu halus hewan yang terlepas dan emngenai mata. Selain itu, air liur dari hewan juga dapat menganggu kesehatan mata. Untu itu anda harus berhati-hati ketika memelihara hewan. Penting juga membaca 20 bahaya asap rokok hingga menyebabkan kematian.

  1. Tanaman

Penyebab mata tidak jernih selanjutnya adalah tanaman saat musim berbunga. Tanaman dalam proses pembuahan serbuh bunga yang terbawa angin inilah yang dapat menganggu kesehatan mata. Serbuk yang terbawa angin akan menganai mata. Lama-lama membuat mata menjadi kemerahan dan semakin lama akan menganggu kejernihan mata anda. Baca juga  cara mengobati mata minus.

  1. Paparan Bahan Kimia Tertentu

Bahan kimia memang tidak baik untuk tubuh. Terkena tubuh saja bisa mengalami kerusahan. Terlebih anda yang bekerja bersinggungan langsung dengan bahan kimia. Tidak menutup kemungkinan akan mengenai mata. Lambat laun akan merusak kesehatan mata. Penting juga untuk mengatahui penyebab blefaritis.

  1. Infeksi

Penyebab mata tidak jernih selanjutnya adalah infeksi. Infeksi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Dapat di karenakan jamur, virus maupun bakteri. Infeksi inilah yang akan menyebabkan mata tidak berfungsi secara sempurna. Lambat laut tentu melalui bakteri ini akan membuat mata yang jernih menjadi kabur. Baca juga terkait cara mengobati darah kotor.

  1. Penggunaan lensa kontak

Penyebab mata tidak jernih selanjutnya adalah penggunaan lensa kontak. Anda harus berhati-hati ketika menggunakan lensa kontak. Karena akan menyebabkan mata menjadi gatal. Hal ini disebabkan karena di lensa inilah hinggap berbagai macam bakteri, virus dan bakteri. Paparan bakteri inilah yang akan merusak jaringan saraf mata. Sehingga, menyebabkan mata kehilangan kejernihan.

  1. Hermagioma Konjungtiva

Bagi anda yang tidak pernah besinggungan dengan dunia kemedisan tentu akan kebinggungan mendengar nama ini. Sesungguhnya Hemangioma konjungtiva merupakan kecacatan yang terjadi di pembulu darah. Kecacatan ini terjadi pada bola mata yang berwarna putih. Penykit ini menyebabkan penglihatan kabur. Dampak inilah yang penting untuk anda waspadai. Karena bersingungan dengan kejernihan mata anda.

  1. Pertumbuhan tumor atau kangker

Tumor atau kangker yang tedapat di mata sangat membahayakan karena tidak saja menyebabkan mata tidak jernih. Tetapi, dapat menyebabkan kebutaan. Salah satu indikasi penyakit in adalah adanya bercak merah di bagian bola mata.

  1. Alkohol

Penyebab mata tidak jerninh berikutnya adalah alkohol. Alkohol tentu tidak asing bagi anda akan bahaya yang ditimbulkan. Selain dapat menyebabkan orang mambuk. Juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Salah satu penyakit itu berupa mata. Zat adiktif yang terdapat di alkohol akan menganggu cara kerja dari mata. Lambat-laun akan mengakibat pandangan kabur atau tidak jernih.

  1. Sering Bergadang

Bergadang tidak saja menurunkan sistem kekebalan tubuh. Juga dapat menyebabkan mata menajadi tidak sehat. Salah satu indikasi yang dapat ditemukan berupa mata merah. Lama-kelamaan akan berdampak pada kesehatan mata yang tidka jernih lagi.

  1. Stress yang Berkepanjangan

Sress inilah yang menyebabkan otot saraf mata terus menerus diajak mengerut. Akibatnya tegang dan kaku yang menghambat aliran darah di sekitaran daerah mata.

  1. Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet dalam sinar matahari mengakibatkan kerusakan pada mata. Sinar inilah yang merusak kornea mata. Untuk itu, anda disarankan untuk tidak menatap sinar matahari secara langsung.

Sumber: halosehat.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Kurangi Konsumsi Media Sosial Baik untuk Kesehatan Mental Ini Buktinya!

thayyiba.com :: Jangan tanyakan lagi berapa banyak pengguna media sosial di dunia. Rasanya, hampir seluruh manusia sudah ...