Home / Artikel / Kesehatan / Sering Mengantuk di Pagi Hari? Ini Penyebabnya!

Sering Mengantuk di Pagi Hari? Ini Penyebabnya!

ngantuk-di-pagi-hari-doktersehat

 

thayyiba.com :: Mengantuk adalah hal yang wajar untuk kita rasakan. Biasanya kita mulai mengalaminya saat malam hari, tepatnya menjelang tidur. Hanya saja, terkadang kita juga mengalami ngantuk di pagi hari, tepatnya saat kita mulai bekerja. Penyebab ngantuk di pagi hari biasanya adalah kurang tidur atau mengalami gangguan tidur di malam hari.

Masalahnya adalah terkadang ngantuk di pagi hari terus terjadi meski kita sudah berusaha untuk tidur cukup. Namun, apakah gejala ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Penyebab Ngantuk di Hagi Hari yang Jarang Disadari

Sering ngantuk di pagi hari tidak selalu karena kurang tidur. Ada beberapa masalah kesehatan yang patut untuk kita waspadai ternyata juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari.

Berikut adalah beberapa penyebab ngantuk di pagi hari yang perlu Anda perhatikan.

1. Kekurangan oksigen

Jika kita kekurangan oksigen, maka tubuh akan merasa lelah, letih, dan lesu. Ada banyak sekali penyebab ngantuk di pagi hari, seperti kamar tidur yang tidak memiliki ventilasi udara yang baik atau terkena anemia, dan kondisi kekurangan sel darah merah.

Sel darah merah memiliki fungsi utama sebagai pengangkut oksigen ke berbagai penjuru tubuh. Karena jumlahnya kurang, maka berbagai organ dan jaringan tubuh kekurangan oksigen dan akhirnya menyebabkan gejala seperti letih dan mengantuk sepanjang hari.

Jika penyebabnya adalah anemia, ada baiknya kita mengonsumsi makanan penambah sel darah merah seperti hati ayam. Jika penyebabnya adalah ventilasi ruangan kurang baik, ada baiknya kita membuka pintu atau jendela agar ruangan bisa mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

2. Stres

Sudah menjadi rahasia umum jika stres juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik. Pakar kesehatan menyebut penyebab ngantuk di pagi hari ini bisa membuat tubuh mengeluarkan respons berupa munculnya rasa lelah terus-menerus seperti sering ngantuk di pagi hari.

Jika stres tidak dikendalikan dan semakin parah, maka kita pun akan kehilangan nafsu makan. Tanpa adanya asupan makanan yang cukup, maka tubuh akan menjadi lemah, lesu, dan mudah mengantuk.

3. Terkena insomnia

Susah tidur dan insomnia adalah masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Meski sudah berusaha untuk beristirahat tapi tubuh terasa lelah, mata seperti tidak mau terpejam sehingga kita pun terjaga dalam waktu yang lama. Jika hal ini terus terjadi, tubuh yang mengalami kondisi kurang tidur akan kelelahan dan sering ngantuk di pagi hari atau sepanjang hari. Bahkan, bisa jadi akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang akhirnya berujung pada datangnya penyakit.

Pakar kesehatan menyarankan penderita insomnia untuk mulai menghindari minuman berkafein, minuman beralkohol, dan tidak bermain gadget sebelum tidur. Selain itu, cobalah untuk membuat kondisi kamar lebih nyaman, lebih sejuk, dan lebih redup. Jika perlu, mandi sebelum tidur juga bisa dilakukan agar tubuh bisa mengantuk dan lebih mudah terlelap.

Jika berbagai trik tersebut gagal mengatasi penyebab ngantuk dipagi hari ini, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

4. Sleep apnea

Sleep apnea tidak hanya menyebabkan dampak berupa dengkuran yang keras saat tidur. Sebenarnya, kondisi ini membuat penderitanya mengalami henti napas untuk sejenak. Terkadang, hal ini akan membuat mereka terbangun di tengah malam. Masalah kesehatan ini tentu akan merusak kualitas tidur dengan signifikan sehingga penderitanya akan mudah kelelahan dan ngantuk di pagi hari atau siang hari. Karena alasan inilah penderita sleep apnea sebaiknya meminta bantuan ke dokter untuk mengatasinya.

5. Diabetes

Banyak orang yang tidak sadar jika sering ngantuk di pagi hari bisa jadi terkait dengan diabetes. Kondisi ini terjadi akibat resistensi insulin yang membuat tubuh tidak mampu mengolah glukosa menjadi energi. Tanpa energi yang cukup, maka tubuh pun akan mudah mengantuk dan mengalami rasa lelah.

Jika kita sering mengalami rasa kantuk di pagi hari meski sudah tidur dengan cukup setiap malam, bisa jadi hal ini adalah tanda dari diabetes yang harus segera diperiksakan ke dokter. Bila mengalami diabetes, segera periksakan penyebab ngantuk di pagi hari tersebut ke dokter.

Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Kita semua kemungkinan pernah mengantuk dia pagi hari ketika kita tidak bisa menghilangkan perasaan lesu, bahkan ketika secara teknis kita sudah cukup tidur. Dalam upaya untuk bersemangat pada hari-hari yang lelah, banyak dari kita minum secangkir kopi.

Tapi terlalu banyak kafeina bisa membuat kita gelisah dan cemas, belum lagi akan sering kencing. Berikut ini beberapa cara yang lebih baik untuk menghilangkan ngantuk di pagi pagi dan melanjutkan hari dengan energi yang Anda butuhkan:

1. Jangan menunda bangun tidur sama sekali

Bila tombol jam alarm tidak terlalu membantu. Menghabiskan setengah jam terakhir istirahat malam hari dalam apa yang oleh peneliti disebut “tidur terfragmentasi” memiliki konsekuensi bagi kemampuan untuk berfungsi sepanjang hari.

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari: Coba menjalani siklus tidur 90 menit dengan mengatur dua alarm – satu selama 90 menit sebelum Anda ingin bangun dan satu untuk ketika Anda benar-benar ingin bangun.

Teorinya adalah bahwa 90 menit tidur yang Anda dapatkan di antara tunda akan menjadi siklus tidur penuh, memungkinkan Anda untuk bangun setelah keadaan REM (gerakan mata cepat tidur) Anda, bukan selama.

2. Minum segelas air saat bangun tidur

Kelelahan adalah gejala klasik dehidrasi, dan bahkan kasus ringan dapat memicu perasaan kantuk, perubahan kemampuan kognitif, dan gangguan suasana hati. Minumlah segelas air di pagi hari untuk menyegarkan seluruh tubuh sebelum Anda beraktivitas.

Jika Anda masih tidak bisa menghilangkan rasa lelah, cobalah cara mengatasi ngantuk di pagi hari dengan meningkatkan asupan air dan minuman non-kafein lainnya sepanjang hari.

3. Regangkan tubuh dengan yoga

Ada alasan mengapa terasa nyaman untuk meregangkan tubuh saat bangun tidur. Semalam, selama tidur REM, otot-otot Anda benar-benar lumpuh (atonia), dan mengaktifkannya kembali melepaskan endorfin yang merangsang energi.

Jika Anda punya sedikit waktu sempatkanlah melakukan yoga selama 25 menit di pagi hari. Cara mengatasi ngantuk di pagi ini telah terbukti meningkatkan energi dan fungsi otak.

4. Bilas wajah dengan air

Mandi dengan air dingin ternyata dapat mengurangi absen kerja, lho! Jika Anda tidak ingin mandi penuh, percikan saja air dingin ke wajah untuk memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh, mungkin juga bisa melakukannya.

Apakah bangun tidur merupakan masalah utama? Cobalah simpan botol semprotan di meja samping tempat tidur sehingga Anda dapat membungkuk dan menyemprotkannya pada wajah Anda.

5. Sarapan untuk membangkitkan energi

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari selanjutnya adalah jangan lupa untuk sarapan. Penelitian mengatakan bahwa tidak sarapan dapat memengaruhi energi dan kemampuan untuk berkonsentrasi sepanjang hari menjadi negatif.

Makanan adalah bahan bakar. Jadi berilah kalori pada tubuh Anda untuk mulai beraktivitas di awal hari. Tetapi jika Anda berolahraga di pagi hari, ingatlah untuk makan setelahnya, bukan sebelumnya. Olahraga di pagi hari akan:

  • Membakar lebih banyak kalori
  • Meningkatkan metabolisme
  • Membantu menghindari perut yang tidak tenang

Sebaliknya, sarapan di pagi hari untuk mengatasi kelelahan. Karena apa yang Anda makan saat sarapan dapat memengaruhi perasaan Anda selama berjam-jam, membuat pilihan yang tepat sangat penting untuk pagi Anda.

Dapatkan kombinasi makanan yang dapat mencegah kelelahan seperti makanan berprotein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan rendah gula.

6. Hindari gula sampai jam makan siang

Semua sarapan tidak dibuat sama, jadi perhatikan pilihan makanan sarapan Anda. Makanan dan minuman manis seperti kopi manis, kue kering, dan sereal sarapan pagi dapat menyebabkan kenaikan dan penurunan gula darah klasik yang membuat Anda merasa terkuras.

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari adalah dengan memerhatikan label nutrisi untuk melihat berapa banyak gula yang Anda dapatkan saat sarapan – dan kurangi sebisa mungkin. Simpan makanan utuh seperti apel, wortel, dan jeruk di dekat seperti meja kerja agar mudah diakses.

7. Minumlah kopi lebih sedikit

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari ini cukup efektif, atau bahkan tidak minum kopi sama sekali! Meskipun banyak manfaat kopi untuk kesehatan, banyak meminum kopi di pagi hari juga dapat secara tidak langsung berkontribusi terhadap peningkatan kelelahan di kemudian hari.

Peserta dalam satu penelitian melaporkan merasa lebih lelah sehari setelah mereka meminum minuman berkafeina. Bereksperimen dengan mengurangi jumlah kafeina di pagi hari sebenarnya dapat menhindari rasa lelah.

Jadi, hindari mug atau cangkir kopi berukuran besar. Belilah cangkir yang lebih kecil bila perlu, untuk membantu mengurangi jumlah kafein yang Anda minum.

Sumber: doktersehat.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Dampak Minum Teh Lebih Dari 3 Gelas Sehari

  thayyiba.com :: Selain air putih dan kopi, teh telah menjadi minuman yang banyak dicintai. Bahkan, sejumlah ...