Home / Kabar / Asia / 5 Situs Budaya yang Terancam Hilang Jika AS Bom Iran

5 Situs Budaya yang Terancam Hilang Jika AS Bom Iran

Masjid Sheikh Lotfallah. Foto: Shutter Stock

 

thayyiba.com :: Hubungan Iran dan Amerika Serikat kini sedang memanas. Hal ini bermula dari terbunuhnya jenderal Iran, Qassem Soleimani oleh serangan drone AS di Baghdad.

Hingga kini, konflik antara Iran dan Amerika Serikat belum juga mereka. Terbaru, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, mengancam akan melenyapkan situs budaya Iran.

Padahal, Iran sendiri memiliki lebih dari 20 situs warisan budaya yang dilindungi UNESCO. Situs-situs berusia 5.000-an tahun itu berkenaan dengan arsitektur keagamaan dan menampilkan hitungan geometri, desain abstrak, dan praktik teknis yang tinggi.

Dilansir The Guardian, yang dikutip dariAntara, ada sejumlah situs budaya yang mungkin akan lenyap jika Trump benar-benar akan mengebom Iran. Apa saja?

 

1. Persepolis

Persepolis. Foto: Shutter Stock

Persepolis merupakan permata mahkota situs arkeologi Iran. Situs ini berupa kompleks kota monumental yang dibangun pada abad keenam sebelum masehi

Dibangun lengkap dengan teras tinggi, tangga raksasa, dan istana-istana marmer serta kuil, Persepolis pernah beberapa kali dihancurkan oleh pendatang. Namun, masih menyisakan beberapa patung yang sangat terawat baik.

 

2. Masjid Shah Cheragh, Shiraz

Masjid Shah Cheragh. Foto: Shutter Stock

Memiliki arti “Raja Cahaya”, Masjid Shah Cheragh dibangun dengan interior yang dipenuhi mosaik ubin berdesain geometris yang menciptakan efek cahaya kosmis nan cantik.

Masjid ini merupakan tempat ziarah yang suram, tetapi efeknya disamakan dengan berada di dalam bola disko Islami raksasa.

 

3. Katedral Vank

Katedral Vank. Foto: Shutter Stock

Iran diketahui memiliki sejarah Kristen yang panjang, terutama yang berkaitan dengan Armenia di perbatasan barat lautnya. Salah satu gereja yang terkenal di Iran adalah Katedral Vank.

Katedral Vank yang berada di dekat Isfahan dibangun oleh orang Armenia yang terusir akibat perang Ottoman pada abad ke-17. Gereja ini memiliki interior berupa tambal sulam dari lukisan dinding dan ukiran emas.

 

4. Jembatan Isfahan

Jembatan Isfahan. Foto: Shutter Stock

Jembatan Khaju Isfahan dibangun pada abad ke-17 dan memiliki panjang 130 meter. Selain sebagai sarana penyeberangan jembatan ini berfungsi sebagai bendungan dan pintu air untuk mengendalikan sungai Zayanderud.

Lorong utamanya merupakan ruang rapat umum yang teduh, di mana wisatawan bisa menikmati teh di rumah teh.

 

5. Masjid Sheikh Lotfallah, Isfahan

Masjid Sheikh Lotfallah. Foto: Shutter Stock

Masjid Sheikh Lotfallah memiliki desain interior yang paling mewah dibanding masjid lainnya yang ada di Iran. Hal ini karena dahulu masjid tersebut dibangun untuk para anggota kerajaan, alih-alih rakyat umum.

Interior masjid dihiasi hiasan ubin paling indah di seluruh dunia. Bagian kubahnya memiliki hiasan ubin pola geometris yang sangat rumit, seperti menyerupai ekor burung merak. Hal ini sengaja dibuat untuk bukti tentang jutaan jam perawatan dan tenaga kerja yang tak terhitung.

 

Sumber: kumparan

About A Halia

A Halia

Check Also

Pesawat tempur Israel serang pangkalan udara Suriah

    thayyiba.com :: Militer Suriah pada Selasa melaporkan bahwa pesawat tempur Israel menyerang pangkalan udara ...